PENGERTIAN SEJARAH

Sejarah adalah ilmu tentang manusia. Objek kajian sejarah adalah manusia. Bukan hewan,tumbuhan,atau alam semesta beserta isinya
Sejarah biasanya didefinisikan sebagai suatu studi tentang masa lampau. Hal ini penting bagi sejarahwan adalah yakinkan bahwa apa saja yg ditulisnya benar dan mereka tidak memberikan opininya ada juga yg mengatakan bahwa sejarah merupakan studi tentang sebab dan akibat

Arti kata sejarah berdasarkan asal usul katanya
Kata sejarah berasal dari bahasa arab,yaitu syajaratun.kata syajaratun mengandung arti ‘pohon’. Makna kata pohon pada masa lalu biasanya selalu dihubung-hubungkan dengan keturunan. Atau asal usul keluarga raja.
Dalam kasidah bahasa Indonesia. Sejarah setidaknya mengandung tiga pengertian.dan cerita pelajaran tentang kejadian,atau peristiwa yang benar-benar terjadi di masa lampau.
Dalam kamus indonesia-inggris.Kata ‘sejarah’ diterjemahkan sebagai history.Kata history mengandung beberapa arti. Pertama,hya,istory merupakan kumpulan peristiwa masa lalu. Kedua, history merupakan rangkaian peristiwa yg terjadi berturut-turut dari masa lalu sampai masa sekarang,bahkan sampai masa depan. Ketiga, history merupakan suatu catatan atau deskripsi naratif dan peristiwa- peristiwa masa lalu yang berkaitan dengan manusia. Keempat history merupakan disiplin ilmu yang mencatat dan menginterpretasikan peristiwa-peristiwa masa lalu ygyg berkaitan dengan manusia. Kelima, history merupakan semua yg diingat tentang masa lalu dalam bentuk tulisan.
History berasal dari kata yunani historia yg berarti informasi atau pencarian. Perkataan historia menunjukan bahwa kajian kajian sejarah bergantung sepenuhnya kepada penyelidikan terhadap perkare-perkara yg benar-benar pernah terjadi.
 
Sejarah dalam pandangan para tokoh
Aristoreles melihat bahwa sejarah berbeda dengan puisi dan filsafat.baginya,sejarah berhubungan dengan hal-hal particular dan hal-hal actual yg sudah terjadi. Sebaliknya puisi dan filsafat berhubungan dengan hal universal dan hal-hal yg ada atau mungkin ada.
Bagi francis bacon sejarah berbeda dengan disiplin ilmu yg lain. Sejarah mempelajari hal-hal yg berkisar dalam waktu dan tempat. Dengan menggunakan,ingatan sebagai instrumen esensialnya.
Menurut Vico,sejarah adalah disiplin ilmu pertama manusia. menurutnya, manusia hanya dapat mengerti apa yg sudah di buatnya sendiri.
Dalam Al-Muqaddimah kitab Al-Ibar wa Diwan Al-Mubtabawa Al-Khaldun memberikan definisi sejarah.
Pada sisi eksternalnya, sejarah tidak lebih dari penginformasian mengenai peperangan. Negara-negara, dan masyarakat pada masa silam.akan tetapi,pada sisi internalnya,sejarah merupakan observasi,analisis,dan kajian secara cermat terhadap perinsip-perinsip semesta dan sebab-sebab yg mendasarinya.sejarah adalah pengetahuan tentang proses-proses berbagai realitas dan sebab-musabab secara mendalam.
Ibn Khaldun menegaskan bahwa seorang sejarawan yg baik niscaya memerlukan berbagai sumber data. Aneka disiplin pengetahuan. Prespektif yg baik, dan konsistensi yg akan mengantarkanya kepada kebenaran dan meminimalkan kekeliruan.
Hasan bin Husain Al-Thuluni adalah seorang arsitek yg berminat terhadap sejarah, karya sejarahnya antara lain An-Nuzhah assaniyyah fi Dzikir Al-khulafa wa Al-Muluk Al-Mishanyah. Karya ini merupakan ringkasan dari uraian yg dimuat dari masa kehadiran islam hingga masa pemerintahan sultan Thuman Baya,penguasa terakhir Mamaliak di mesir.
Menurut Collingwood, sejarawan berfikir bahwa sejarah adalah ilmu atau suatu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tentang masalah tindakan manusia pada masa lalu.
Mohammad Ali dalam buku pengantar ilmu sejarah menyatakan bahwa sejarah adalah sejumblah proses perubahan,kejadian,dan peristiwa yg ada di sekitar kita.
Kuntowijoyo sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis,ideologis,unik,dan empiris. Bersifat diakronis Karenna berhubungan dengan perjalanan waktu. Bersifat ideologis Karenna sejarah bersifat menggambarkan,menaparkan,dan menceritakan sesuatu. Bersifat unik Karenna berisi tentang penelitian tentang hal-hal yg unik dan secara khas hanya berlaku pada sesuatu.hal yg ada pada suatu tempat dan pada waktu tertentu. Bersifat empiris sejarah berdasar pada pengalaman manusia yg sungguh-sungguh.
Berdasarkan pandangan para tokoh,dapat disimpulkan bahwa sejarah pada intinya merupakan cerita tentang masa lampau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar