Kerajaan Majapahit terletak di
sekitar sungai Brantas, dengan pusatnya di daerah Mojokerto. Majapahit
merupakan puncak keyajaan kerajaan-kerajaan di Jawa Timur dan merupakan
kerajaan terbesar Indonesia. Majapahit disebut juga sebagai Negara Kesatuan
Kedua.
Tahukah kalian, faktor-faktor yang mendorong lahirnya kerajaan Majapahit menjadi kerajaan besar?
Tahukah kalian, faktor-faktor yang mendorong lahirnya kerajaan Majapahit menjadi kerajaan besar?
Faktor-faktor yang mendorong
lahirnya Kerajaan Majapahit sebagai kerajaan besar ialah sebagai berikut :
a. Letak Majapahit secara geografis
sangat baik, yaitu di tengah-tengah wilayah Indonesia, sehingga mudah memainkan
peran dalam menyatukan Indonesia baik secara politik maupun ekonomi.
b. Pusat kerajaan di tepi sungai besar yang mudah dilayari, sehingga hubungan dengan dunia luar sangat mudah.
c. Tanahnya subur dan banyak menghasilkan bahan-bahan ekspor, khususnya hasil pertanian utamanya beras dan kacang-kacangan.
d. Sebelum Majapahit telah adanya kerajaan-kerajaan Jawa Timur yang merintisnya, khususnya Singasari di bawah Kertanegara. Gagasan Nusantara telah diperoleh dan pelaksanaannya sebagian telah dilakukan.
e. Timbulnya tokoh-tokoh negarawan seperti R. Wijaya, Hayam Wuruk, dan Patih Gajah Mada yang melaksanakan gagasan Nusantara dengan "Sumpah Palapa"nya.
f. Tidak ada lagi saingan kerajaan di Indonesia, Sriwijaya sudah makin lemah setelah serangan dari Cholamandala; sedangkan Kediri makin lemah akibat siasat yang dilakukan oleh R. Wijaya.
g. Di luar Indonesia tidak ada lagi kerajaan besar yang dapat menjadi perintang. Kerajaan Cholamandala di India dan dinasti Yuan di Cina terpecah-pecah setelah raja/kaisar besarnya meninggal.
b. Pusat kerajaan di tepi sungai besar yang mudah dilayari, sehingga hubungan dengan dunia luar sangat mudah.
c. Tanahnya subur dan banyak menghasilkan bahan-bahan ekspor, khususnya hasil pertanian utamanya beras dan kacang-kacangan.
d. Sebelum Majapahit telah adanya kerajaan-kerajaan Jawa Timur yang merintisnya, khususnya Singasari di bawah Kertanegara. Gagasan Nusantara telah diperoleh dan pelaksanaannya sebagian telah dilakukan.
e. Timbulnya tokoh-tokoh negarawan seperti R. Wijaya, Hayam Wuruk, dan Patih Gajah Mada yang melaksanakan gagasan Nusantara dengan "Sumpah Palapa"nya.
f. Tidak ada lagi saingan kerajaan di Indonesia, Sriwijaya sudah makin lemah setelah serangan dari Cholamandala; sedangkan Kediri makin lemah akibat siasat yang dilakukan oleh R. Wijaya.
g. Di luar Indonesia tidak ada lagi kerajaan besar yang dapat menjadi perintang. Kerajaan Cholamandala di India dan dinasti Yuan di Cina terpecah-pecah setelah raja/kaisar besarnya meninggal.
a. Kehidupan Politik
1) Raden Wijaya (1292-1309)
Kerajaan Majapahit lahir dalam suasana perubahan besar dalam waktu yang singkat. Pada tahun 1292 Kertanegara gugur oleh pengkhianatan Jayakatwang, Singasari hancur dan digantikan oleh Kediri. R. Wijaya terdesak oleh serangan tentara Jayakatwang di medan utara dan berhasil melarikan diri serta mendapat perlindungan dari Kepala Desa Kudadu. Selanjutnya berhasil menyeberang ke Madura minta perlindungan dan bantuan kepada Bupati Sumenep, Aria Wiraraja. Atas saran dan jaminan Aria
Wiraraja, R. Wijaya mengabdikan diri kepada Jayakatwang dan memperoleh tanah di desa Terik yang kemudian menjadi pusat Kerajaan Majapahit.
Tentara Kublai Khan sebanyak 200.000
orang di bawah pimpinan Shih Pie, Ike Mase, dan Kau Shing datang untuk
menghukum Kertanegara. R. Wijaya bergabung dengan tentara Cina dan mengadakan
serangan ke Kediri, karena Cina tidak mengetahui terjadinya perubahan kekuasaan
di JawaTimur. Setelah R. Wijaya dengan bantuan tentara Kublai Khan berhasil
mengalahkan Jayakatwang, ia menghantam tentara asing tersebut. Serangan
mendadak yang tidak terkira sebelumnya, memaksa tentara Kublai Khan
meninggalkan Jawa Timur terburu-buru dengan sejumlah besar korban. Akhirnya R. Wijaya
dinobatkan menjadi raja pertama Kerajaan Majapahit dengan gelar Kertarajasa
Jayawardhana (1292-1307).
Untuk menjaga ketenteraman kerajaan,
maka R. Wijaya mengadakan konsolidasi dan mengatur pemerintahan. Orang-orang
yang pernah berjasa dalam perjuangan diberi kedudukan dalam pemerintahan.
Misalnya, Aria Wiraraja diberi tambahan wilayah di Lumajang sampai Blambangan,
desa Kudadu dijadikan desa perdikan (bebas pajak dan mengatur daerahnya
sendiri). Demikian juga teman seperjuangannya yang lain, diberi kedudukan, ada
yang dijadikan menteri, kepala wilayah, dan sebagainya.
Untuk memperkuat kedudukannya, keempat putri Kertanegara dijadikan istrinya, yakni Dewi Tribhuanaeswari, Dewi Narendraduhita, Dewi Prajnaparamita dan Dewi Gayatri. Tidak lama kemudian tentara Ekspedisi Pamalayu di bawah pimpinan Kebo Anabrang kembali membawa dua putri yakni Dara Petak dan Dara Jingga. Dara Petak diambil istri oleh R. Wijaya; sedangkan Dara Jingga kawin dengan keluarga raja yang mempunyai anak bernama Adiytawarman. Dialah yang kelak menjadi raja di Kerajaan Melayu.
Demikianlah usaha-usaha yang
dilakukan oleh R. Wijaya dalam upaya mengatur dan memperkuat kekuasaan pada
masa awal Kerajaan Majapahit. Pada tahun 1309 R. Wijaya meninggal dunia dan
didharmakan di Candi Simping (Sumberjati, Blitar) dalam perwujudan Hariwara
(Siwa dan Wisnu dalam satu arca).
2) Jayanegara (1309-1328)
R. Wijaya kemudian digantikan oleh putranya Kalagemet dengan gelar Jayanegara (1309-1328), putra R. Wijaya dengan Dara Petak. Pada masa ini timbul kekacauan di Majapahit, karena pemerintahan Jayanegara yang kurang berbobot dan rasa tidak puas dari pejuang-pejuang Majapahit semasa pemerintahan R. Wijaya.
R. Wijaya kemudian digantikan oleh putranya Kalagemet dengan gelar Jayanegara (1309-1328), putra R. Wijaya dengan Dara Petak. Pada masa ini timbul kekacauan di Majapahit, karena pemerintahan Jayanegara yang kurang berbobot dan rasa tidak puas dari pejuang-pejuang Majapahit semasa pemerintahan R. Wijaya.
Kekacauan berupa empat pemberontakan yang dapat membahayakan negara, yakni sebagai berikut:
a) Pemberontakan Rangga Lawe (1309)
yang berkedudukan di Tuban tidak puas karena ia mengharapkan dapat menjadi
patih di Majapahit, sedangkan yang diangkat adalah Nambi.
b) Pemberontakan Lembu Sora (1311), karena hasutan Mahapati yang merupakan musuh dalam selimut Jayanegara.
c) Pemberontakan Nambi (1316), karena ambisi ayahnya Aria Wiraraja agar Nambi menjadi raja. Semua pemberontakan tersebut dapat dipadamkan.
d) Pemberontakan Kuti (1319), merupakan pemberontakan yang paling membahayakan, karena Kuti dapat menduduki istana kerajaan dan Jayanegara terpaksa menyingkir ke Bedander. Namun pasukan Bayangkari kerajaan di bawah pimpinan Gajah Mada berhasil merebut kembali istana. Jayanegara dapat kembali ke istana lagi dan berkuasa hingga tahun 1328. Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya, Gajah Mada kemudian diangkat menjadi patih di Kahuripan dan kemudian di Daha.
b) Pemberontakan Lembu Sora (1311), karena hasutan Mahapati yang merupakan musuh dalam selimut Jayanegara.
c) Pemberontakan Nambi (1316), karena ambisi ayahnya Aria Wiraraja agar Nambi menjadi raja. Semua pemberontakan tersebut dapat dipadamkan.
d) Pemberontakan Kuti (1319), merupakan pemberontakan yang paling membahayakan, karena Kuti dapat menduduki istana kerajaan dan Jayanegara terpaksa menyingkir ke Bedander. Namun pasukan Bayangkari kerajaan di bawah pimpinan Gajah Mada berhasil merebut kembali istana. Jayanegara dapat kembali ke istana lagi dan berkuasa hingga tahun 1328. Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya, Gajah Mada kemudian diangkat menjadi patih di Kahuripan dan kemudian di Daha.
3) Tribhuanatunggadewi (1328-1350)
Pada tahun 1328 Jayanegara wafat, karena tidak meninggalkan putra maka takhta kerajaan diserahkan kepada Gayatri. Oleh karena Gayatri telah menjadi Bhiksuni, maka yang tampil adalah putrinya Bhre Kahuripan yang bertindak sebagai wali ibunya. Bhre Kahuripan bergelar Tribhuanatunggadewi. Pemerintahannya masih dirongrong pemberontakan, yakni pemberontakan Sadeng dan Keta. Namun pemberontakan tersebut berhasil dihancurkan oleh Gajah Mada.
Pada tahun 1328 Jayanegara wafat, karena tidak meninggalkan putra maka takhta kerajaan diserahkan kepada Gayatri. Oleh karena Gayatri telah menjadi Bhiksuni, maka yang tampil adalah putrinya Bhre Kahuripan yang bertindak sebagai wali ibunya. Bhre Kahuripan bergelar Tribhuanatunggadewi. Pemerintahannya masih dirongrong pemberontakan, yakni pemberontakan Sadeng dan Keta. Namun pemberontakan tersebut berhasil dihancurkan oleh Gajah Mada.
Sebagai tanda penghargaan, pada
tahun 1333 Gajah Mada diangkat sebagai Mahapatih Majapahit, menggantikan Arya
Tadah yang sudah tua. Pada waktu penobatannya, Gajah Mada mengucapkan
"Sumpah Palapa" (Tan Amukti Palapa). Isinya, Gajah Mada bersumpah
tidak akan makan buah palapa, sebelum seluruh Nusantara di bawah kekuasaan
Majapahit. Maksudnya Gajah Mada tidak akan hidup enak-enak sebelum seluruh
Nusantara berhasil dipersatukan di bawah panji-panji Majapahit.
Dalam usaha menyatukan seluruh
Nusantara, Gajah Mada dibantu oleh Empu Nala dan Adiytawarman. Mula-mula
menaklukkan Bali (1334), selanjutnya satu per satu kerajaan-kerajaan di
Nusantara berhasil dipersatukan.
4) Hayam Wuruk (1350 -1389)
Pada tahun 1350 Gayatri wafat, maka Tribhuanatunggadewi turun takhta dan digantikan oleh putranya yakni Hayam Wuruk dengan gelar Rajasanegara. Pada masa pemerintahannya bersama Patih Gajah Mada kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaannya. Pemerintahan terlaksana secara teratur, baik di tingkat pusat (ibukota), tingkat menengah (vasal) dan tingkat desa. Sistem pemerintahan daerah (tingkat menengah dan desa) tidak berubah, sedangkan di tingkat pusat diatur sebagai berikut:
Pada tahun 1350 Gayatri wafat, maka Tribhuanatunggadewi turun takhta dan digantikan oleh putranya yakni Hayam Wuruk dengan gelar Rajasanegara. Pada masa pemerintahannya bersama Patih Gajah Mada kerajaan Majapahit mencapai masa kejayaannya. Pemerintahan terlaksana secara teratur, baik di tingkat pusat (ibukota), tingkat menengah (vasal) dan tingkat desa. Sistem pemerintahan daerah (tingkat menengah dan desa) tidak berubah, sedangkan di tingkat pusat diatur sebagai berikut:
a) Dewan Sapta Prabu, merupakan penasihat
raja yang terdiri atas kerabat keraton, dengan jabatan Rakryan I Hino, Rakryan
I Halu dan Rakryan I Sirikan.
b) Dewan Panca Ring Wilwatikta, merupakan lembaga pelaksana pemerintahan (lembaga eksekutif) semacam Dewan Menteri, terdiri atas Rakryan Mahapatih, Rakryan Tumenggung, Rakryan Demang, Rakryan Rangga, dan Rakryan Kanuruhan.
c) Dewan Nayapati (lembaga Yudikatif) yang mengurusi peradilan.
d) Dharmadyaksa, lembaga yang mengurusi keagamaan, terdiri atas Dharmadyaksa ring Kasaiwan untuk agama Hindu dan Dharmadyaksaring Kasogatan untuk agama Buddha.
b) Dewan Panca Ring Wilwatikta, merupakan lembaga pelaksana pemerintahan (lembaga eksekutif) semacam Dewan Menteri, terdiri atas Rakryan Mahapatih, Rakryan Tumenggung, Rakryan Demang, Rakryan Rangga, dan Rakryan Kanuruhan.
c) Dewan Nayapati (lembaga Yudikatif) yang mengurusi peradilan.
d) Dharmadyaksa, lembaga yang mengurusi keagamaan, terdiri atas Dharmadyaksa ring Kasaiwan untuk agama Hindu dan Dharmadyaksaring Kasogatan untuk agama Buddha.
Dengan demikian pada masa Majapahit
penganut agama Hindu dan Buddha dapat hidup berdampingan, rukun dan damai.
"Bhinneka Tunggal Ika, Tan Hana Dharmamangrawa". Inilah semboyan
rakyat Majapahit dalam menciptakan persatuan dan kesatuan sehingga muncul
sebagai kerajaan besar Nusantara.
Di tingkat tengah terdapat
pemerintah daerah yang dikepalai oleh seorang raja kecil atau bupati. Mereka
dapat mengatur daerahnya secara otonom, tetapi setiap tahun berkewajiban datang
ke ibukota sebagai tanda tetap setia dan tunduk kepada pemerintah pusat
Majapahit. Daerah-daerah demikian disebut mancanegara, yang berarti negara
(daerah) di luar daerah inti kerajaan. Jadi untuk mengikat hubungan, setiap
tahun daerah taklukan harus mengirim upeti ke Majapahit, di samping juga ada
petugas Majapahit yang berkeliling ke daerah-daerah. Sedangkan untuk memantau
ketertiban dan keamanan dikirimlah Duta Nitiyasa (petugas sandi) ke seluruh
Nusantara.
Di tingkat bawah, terdapat pemerintahan
desa yang dikepalai oleh seorang kepala desa. Pemerintahan dilakukan menurut
hukum adat desa itu sendiri. Struktur pemerintahan desa masih asli dan kepala
desa dipilih secara demokratis.
Dengan kondisi pemerintahan yang
stabil dan keamanan yang mantap, Sumpah Palapa Gajah Mada dapat diwujudkan.
Satu persatu wilayah Nusantara dapat menyatu dalam wilayah kekuasaan Majapahit.
Dalam Kitab Negara Kertagama secara jelas disebutkan daerah-daearah yang masuk
wilayah kekuasaan Majapahit ialah Jawa, Sumatra, Tanjungpura (Kalimantan), Nusa
Tenggara, Sulawesi, Maluku, Irian, dan Semenanjung Malaka dan daerah-daerah
pulau di sekitarnya.
Majapahit juga menjalin hubungan
baik dengan negara-negara yang jauh, seperi Siam, Champa, dan Cina.
Negara-negara tersebut dianggap sebagai"Mitreka Satata" (negara
sahabat yang berkedudukan sama).
Hayam Wuruk wafat pada tahun 1389, kemudian digantikan oleh putrinya Dyah Kusumawardhani yang didampingi oleh suaminya Wikramawardhana (1389-1429). Hayam Wuruk dengan isteri yang lain mempunyai anak Bhre Wirabhumi yang telah diberi kekuasaan sebagai penguasa daerah (Bupati) di Blambangan. Akan tetapi ternyata Bhre Wirabumi menuntut takhta Majapahit, sehingga menimbulkan perang saudara (Peregreg) tahun1401-1406. Pada akhirnya Bhre Wirabhumi kalah dan perang saudara tersebut mengakibatkan lemahnya kekuasaan Majapahit.
Setelah Wikramawardhana meninggal
(1429) kemudian digantikan oleh Suhita yang memerintah hingga 1447, dan sampai
akhir abad ke-15 masih ada raja-raja yang memerintah namun telah suram, karena
tidak ada persatuan dan kesatuan. Sehingga daerah-daerah jajahan satu demi satu
melepaskan diri. Para bupati di pantai utara Jawa telah menganut agama Islam,
seperi Demak, Gresik, dan Tuban. Satu persatu memisahkan diri, demikian juga
daerah di luar Jawa tidak mengirim upeti ke Majapahit. Majapahit terus
mengalami kemunduran dan akhirnya runtuh.
Adapun faktor-faktor yang
menyebabkan kemunduran Majapahit adalah sebagai berikut:
a) Tidak ada lagi tokoh-tokoh yang
kuat di pusat pemerintahan yang dapat mempertahankan kesatuan wilayah
sepeninggal Gajah Mada dan Hayam Wuruk.
b) Terjadinya perang saudara (Paregreg).
c) Banyak daerah-daerah jajahan yang melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit.
d) Masuk dan berkembangnya agama Islam.
b) Terjadinya perang saudara (Paregreg).
c) Banyak daerah-daerah jajahan yang melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit.
d) Masuk dan berkembangnya agama Islam.
Setelah mengalami kemunduran, akhirnya Majapahit runtuh. Dalam hal ini ada dua pendapat :
a) Tahun 1478, yakni adanya serangan
Girindrawardana dari Kediri. Peristiwa tersebut diberi candrasengkala
"Hilang Sirna Kertaning Bhumi" yang berarti tahun 1400 Saka/1478 M.
b) Tahun 1526, yakni adanya serangan
tentara dari Demak di bawah pimpinan Raden Patah. Serangan Demak ini menandai
berakhirnya kekuasaan Hindu di Jawa.
b. Kehidupan Sosial Ekonomi
Kehidupan sosial masa Majapahit aman, damai dan tenteram. Dalam Negara Kertagama disebutkan bahwa Hayam Wuruk melakukan perjalanan keliling ke daerah-daerah, untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya. Perlindungan terhadap rakyat sangat diperhatikan. Demikian juga peradilan, dilaksanakan secara ketat; siapa yang bersalah dihukum tanpa pandang bulu.
Kehidupan sosial masa Majapahit aman, damai dan tenteram. Dalam Negara Kertagama disebutkan bahwa Hayam Wuruk melakukan perjalanan keliling ke daerah-daerah, untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dan kesejahteraan rakyatnya. Perlindungan terhadap rakyat sangat diperhatikan. Demikian juga peradilan, dilaksanakan secara ketat; siapa yang bersalah dihukum tanpa pandang bulu.
Dalam kehidupan ekonomi, masyarakat Majapahit hidup dari pertanian, dan perdagangan. Prasarana perekonomian dibangun, seperti jalan, lalu lintas sungai dan pelabuhan. Pelabuhan yang besar antara lain Surabaya, Gresik , Tuban, dan Sedayu. Barang dagangan yang diperjualbelikan antara lain beras, rempahrempah, dan kayu cendana.
c. Kehidupan Kebudayaan
Dalam kondisi kehidupan yang aman, dan teratur, mampu menghasilkan karya-karya budaya yang bermutu tinggi. Hasil budaya Majapahit dapat dibedakan sebagai berikut:
Dalam kondisi kehidupan yang aman, dan teratur, mampu menghasilkan karya-karya budaya yang bermutu tinggi. Hasil budaya Majapahit dapat dibedakan sebagai berikut:
1) Candi
Banyak candi peninggalan Majapahit, seperti Candi Penataran (di Blitar), Candi Brahu, Candi Bentar (Waringin Lawang), Candi Bajang Ratu , Candi Tikus dan bangunan-bangunan kuno lainnya seperti Segaran, Patilasan Wali Songo, dan Makam Troloyo (di Trowulan).
Banyak candi peninggalan Majapahit, seperti Candi Penataran (di Blitar), Candi Brahu, Candi Bentar (Waringin Lawang), Candi Bajang Ratu , Candi Tikus dan bangunan-bangunan kuno lainnya seperti Segaran, Patilasan Wali Songo, dan Makam Troloyo (di Trowulan).
2) Kesusastraan
Zaman Majapahit bidang sastra sangat berkembang. Hasil sastranya dapat dibagi menjadi zaman Majapahit awal dan Majapahit akhir.
Zaman Majapahit bidang sastra sangat berkembang. Hasil sastranya dapat dibagi menjadi zaman Majapahit awal dan Majapahit akhir.
a) Sastra Zaman Majapahit Awal:
b) Kitab Negara Kertagama, karangan Empu Prapanca. Isinya tentang keadaan kota Majapahit, daerah-daerah jajahan dan perjalanan Hayam Wuruk keliling ke daerah-daerah.
b) Kitab Sotasoma, karangan Empu Tantular. Di dalam Kitab ini terdapat ungkapan yang berbunyi;"Bhineka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrawa", yang kemudian dipakai sebagai motto negara kita.
c) Kitab Arjunawijaya, karangan Empu Tantular. Isinya tentang raksasa yang dikalahkan oleh Arjuna Sasrabahu.
d) Kitab Kunjarakarna, tidak diketahui pengarangnya.
b) Kitab Negara Kertagama, karangan Empu Prapanca. Isinya tentang keadaan kota Majapahit, daerah-daerah jajahan dan perjalanan Hayam Wuruk keliling ke daerah-daerah.
b) Kitab Sotasoma, karangan Empu Tantular. Di dalam Kitab ini terdapat ungkapan yang berbunyi;"Bhineka Tunggal Ika, Tan Hana Dharma Mangrawa", yang kemudian dipakai sebagai motto negara kita.
c) Kitab Arjunawijaya, karangan Empu Tantular. Isinya tentang raksasa yang dikalahkan oleh Arjuna Sasrabahu.
d) Kitab Kunjarakarna, tidak diketahui pengarangnya.
Jenis sastra zaman akhir Majapahit
antara lain:
a) Kitab Pararaton, isinya
menceritakan riwayat raja-raja Singasari dan Majapahit.
b) Kitab Sudayana, isinya tentang Peristiwa Bubat.
c) Kitab Sorandakan, isinya tentang pemberontakan Sora.
d) Kitab Ranggalawe, isinya tentang pemberontakan Ranggalawe.
e) Kitab Panjiwijayakrama, isinya riwayat R.Wijaya sampai menjadi raja Majapahit.
f) Kitab Usana Jawa, tentang penaklukan Bali oleh Gajah Mada dan Aryadamar.
g) Tantu Panggelaran, tentang pemindahan gunung Mahameru ke Pulau Jawa oleh Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa.
b) Kitab Sudayana, isinya tentang Peristiwa Bubat.
c) Kitab Sorandakan, isinya tentang pemberontakan Sora.
d) Kitab Ranggalawe, isinya tentang pemberontakan Ranggalawe.
e) Kitab Panjiwijayakrama, isinya riwayat R.Wijaya sampai menjadi raja Majapahit.
f) Kitab Usana Jawa, tentang penaklukan Bali oleh Gajah Mada dan Aryadamar.
g) Tantu Panggelaran, tentang pemindahan gunung Mahameru ke Pulau Jawa oleh Dewa Brahma, Wisnu, dan Siwa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar