Masa Pendudukan Jepang di Indonesia - Masa
pendudukan Jepang merupakan periode yang penting dalam sejarah bangsa
Indonesia. Pendudukan Jepang di Indonesia ditujukan untuk mewujudkan
Persemakmuran Bersama Asia Timur Raya. Untuk mewujudkan cita-cita itu, Jepang
menyerbu pangkalan Angkatan Laut di Pearl Harbour, Hawai. Peristiwa itu terjadi
pada tanggal 7 Desember 1941. Gerakan invasi militer Jepang cepat merambah ke
kawasan Asia Tenggara. Pada bulan Januari-Februari 1942, Jepang menduduki
Filipina, Tarakan (Kalimantan Timur), Balikpapan, Pontianak, dan Samarinda.
Pada bulan Februari 1942 Jepang berhasil menguasai Palembang. Untuk menghadapi
Jepang, Sekutu membentuk Komando gabungan. Komando itu bernama ABDACOM
(American British Dutch Australian Command). ABDACOM dipimpin oleh Jenderal Sir
Archibald Wavell dan berpusat di Bandung. Pada tanggal 1 Maret 1942 Jepang
berhasil mendarat di Jawa yaitu Teluk Banten, di Eretan (Jawa Barat), dan di
Kragan (Jawa Timur). Pada tanggal 5 Maret 1942 kota Batavia jatuh ke tangan
Jepang. Akhirnya pada tanggal 8 Maret 1942 Belanda secara resmi menyerah kepada
Jepang.
Upacara
penyerahan kekuasaan dilakukan pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati, Subang,
Jawa Barat. Dalam upacara tersebut Sekutu diwakili oleh Gubernur Jenderal
Tjarda van Starkenborgh dan Jenderal Ter Poorten, sedang Jepang diwakili oleh
Jenderal Hitoshi Imamura. Dengan penyerahan itu secara otomatis Indonesia mulai
dijajah oleh Jepang.Kebijakan Jepang terhadap rakyat Indonesia pada prinsipnya
diprioritaskan pada dua hal, yaitu :
1. menghapus pengaruh-pengaruh Barat di kalangan rakyat Indonesia, dan
2. memobilisasi rakyat Indonesia demi kemenangan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya.
Politik imperialisme Jepang di Indonesia berorientasi pada eksploitasi sumber daya alam dan manusia. Jepang melakukan eksploitasi sampai tingkat pedesaan. Dengan kekerasan.berbagai cara, Jepang menguras kekayaan alam dan tenaga rakyat melalui janji-janji.
1. menghapus pengaruh-pengaruh Barat di kalangan rakyat Indonesia, dan
2. memobilisasi rakyat Indonesia demi kemenangan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya.
Politik imperialisme Jepang di Indonesia berorientasi pada eksploitasi sumber daya alam dan manusia. Jepang melakukan eksploitasi sampai tingkat pedesaan. Dengan kekerasan.berbagai cara, Jepang menguras kekayaan alam dan tenaga rakyat melalui janji-janji.
Sadar bahwa posisinya dalam menghadapi Perang Asia Timur Raya, pemerintah Bala
Tentara Jepang berusaha untuk menarik simpati bangsa Indonesia dengan
berbagai cara :
1. mengklaim dirinya sebagai saudara tua bangsa Indonesia yang datang untuk melepaskan bangsa Indonesia dari cengkeraman penjajahan Belanda
2. memperdengarkan lagu Indonesia Raya dengan intensitas yang sering pada siaran radio Tokyo
3. membebaskan para tokoh pemimpin bangsa Indonesia yang diasingkan oleh Belanda, seperti ; Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
4. melakukan propaganda Gerakan Tiga A, yang meliputi :
a. Nipon Cahaya Asia
b. Nipon Pelindung Asia
c. Nipon Pemimpin Asia
5. melarang penggunaan bahasa Belanda dan mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia dalam percakapan resmi
Berbagai bentuk cara pemerintah bala tentara Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia pada masa awal kedatangannya di Indonesia, cukup mendapat sambutan yang baik dari bangsa Indonesia, apalagi bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Jawa sangat percaya pada “Jongko Joyoboyo” (Ramalan Joyoboyo) yang menyebutkan akan datangnya “Jago wiring kuning cebol kepalang soko wetan” yang akan berkuasa di Jawa seumur jagung.
Namun kedatangan pasukan Jepang dengan segala propagandanya tersebut merupakan mimpi buruk bangsa Indonesia yang mengharapkan terbebas dari belenggu penjajahan.
1. mengklaim dirinya sebagai saudara tua bangsa Indonesia yang datang untuk melepaskan bangsa Indonesia dari cengkeraman penjajahan Belanda
2. memperdengarkan lagu Indonesia Raya dengan intensitas yang sering pada siaran radio Tokyo
3. membebaskan para tokoh pemimpin bangsa Indonesia yang diasingkan oleh Belanda, seperti ; Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
4. melakukan propaganda Gerakan Tiga A, yang meliputi :
a. Nipon Cahaya Asia
b. Nipon Pelindung Asia
c. Nipon Pemimpin Asia
5. melarang penggunaan bahasa Belanda dan mengizinkan penggunaan bahasa Indonesia dalam percakapan resmi
Berbagai bentuk cara pemerintah bala tentara Jepang untuk menarik simpati bangsa Indonesia pada masa awal kedatangannya di Indonesia, cukup mendapat sambutan yang baik dari bangsa Indonesia, apalagi bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Jawa sangat percaya pada “Jongko Joyoboyo” (Ramalan Joyoboyo) yang menyebutkan akan datangnya “Jago wiring kuning cebol kepalang soko wetan” yang akan berkuasa di Jawa seumur jagung.
Namun kedatangan pasukan Jepang dengan segala propagandanya tersebut merupakan mimpi buruk bangsa Indonesia yang mengharapkan terbebas dari belenggu penjajahan.
Berbagai
tindakan pemerintahan bala tentara Jepang sangat menyengsarakan bangsa
Indonesia:
a. Pemerasan Sumber Daya Alam
Cara-cara Jepang untuk mengeruk kekayaan alam / bahan mentah guna kepentingan industri perang diantaranya :
1. semua harta peninggalan Belanda di Indonesia di sita
2. melakukan monopoli penjualan hasil perkebunan
3. melancarkan kampanye pengerahan barang-barang dan menambah bahan pangan secara besar besaran
4. tanaman perkebunan yang tidak berguna dimusnahkan dan diganti dengan tanaman pangan
5. rakyat hanya boleh memiliki 40 % dari hasil panen, sedangkan yang 60 % harus diserahkan kepada Jepang
6. rakyat dibebani tambahan untuk menanam pohon jarak sebagai bahan minyak pelumas senjata dan mesin perang.
b. Pemerasan Sumbar Daya Manusia
Untuk memanfaatkan tenaga bangsa Indonesia dalam membantu kepentingan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya, pemerintah bala tentara Jepang melaksanakan Romusha yaitu bentuk kerja paksa seperti halnya pada masa pemerintahan Hindia Belanda (Kerja Rodi) juga terjadi pada masa pendudukan bala tentara Jepang, yang disebut dengan Romusha. Para tenaga kerja paksa ini dipaksa sebagai tenaga pengangkut bahan tambang (batu bara) , pembuatan rel kereta api serta mengangkut hasil hasil perkebunan.Tidak terhitung berapa ratus ribu bahkan jutaan rakyat Indonesia yang menjadi korban romusha. Untuk menarik simpati bangsa Indonesia terhadap Romusha, Jepang menyebut romusha sebagai “Pahlawan Pekerja/Prajurit Ekonomi”
Kebijakan Pemerintahan Militer Jepang
Upaya Jepang untuk mempertahankan Indonesia sebagai wilayah kekuasaannya serta menarik simpati rakyat Indonesia meliputi bidang :
a. Pemerasan Sumber Daya Alam
Cara-cara Jepang untuk mengeruk kekayaan alam / bahan mentah guna kepentingan industri perang diantaranya :
1. semua harta peninggalan Belanda di Indonesia di sita
2. melakukan monopoli penjualan hasil perkebunan
3. melancarkan kampanye pengerahan barang-barang dan menambah bahan pangan secara besar besaran
4. tanaman perkebunan yang tidak berguna dimusnahkan dan diganti dengan tanaman pangan
5. rakyat hanya boleh memiliki 40 % dari hasil panen, sedangkan yang 60 % harus diserahkan kepada Jepang
6. rakyat dibebani tambahan untuk menanam pohon jarak sebagai bahan minyak pelumas senjata dan mesin perang.
b. Pemerasan Sumbar Daya Manusia
Untuk memanfaatkan tenaga bangsa Indonesia dalam membantu kepentingan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya, pemerintah bala tentara Jepang melaksanakan Romusha yaitu bentuk kerja paksa seperti halnya pada masa pemerintahan Hindia Belanda (Kerja Rodi) juga terjadi pada masa pendudukan bala tentara Jepang, yang disebut dengan Romusha. Para tenaga kerja paksa ini dipaksa sebagai tenaga pengangkut bahan tambang (batu bara) , pembuatan rel kereta api serta mengangkut hasil hasil perkebunan.Tidak terhitung berapa ratus ribu bahkan jutaan rakyat Indonesia yang menjadi korban romusha. Untuk menarik simpati bangsa Indonesia terhadap Romusha, Jepang menyebut romusha sebagai “Pahlawan Pekerja/Prajurit Ekonomi”
Kebijakan Pemerintahan Militer Jepang
Upaya Jepang untuk mempertahankan Indonesia sebagai wilayah kekuasaannya serta menarik simpati rakyat Indonesia meliputi bidang :
1.Bidang Politik
Dalam usaha menarik simpati bangsa Indonesia dengan tujuan agar rakyat mau membantu Jepang dalam Perang Asia Timur Raya, Jepang mengumandangkan semboyan 3A yakni : “Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia”. Hal ini menyatakan bahwa kehadiran Jepang di Asia, termasuk Indonesia adalah untuk membebaskan Asia dari penjajahan bangsa Barat, Jepang menyebut dirinya sebagai saudara tua bangsa Indonesia yang akan membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.Namun kenyataannya yang dikatakan Jepang tidak sesuai dengan kenyataannya. Jepang memperlakukan bangsa Indonesia dengan tidak adil, sangat kejam , mereka memeras dan menindas rakyat diluar batas peri kemanusiaan.
2. Bidang Ekonomi
Untuk memenuhi kebutuhan perang Jepang dan industrinya , maka Jepang melakukan eksploitasi terhadap sumber kekayaan alam Indonesia. Hal ini berupa eksploitasi dibidang hasil pertanian, perkebunan, hutan, bahan Tambang, dan lain-lain.
Kekayaan alam yang diambil Jepang dari hasil menguras kekayaan alam Indonesia ini hanya untuk kepentingan perang Jepang tanpa memperhatikan kesejahteraan rakyat.Sebagai dampak dari eksploitasi besar-besaran sumber kekayaan alam Indonesia adalah kesengsaraan rakyat Indonesia berupa kekurangan sandang, pangan serta menderita kemiskinan.Rakyat hidup serba kekurangan , kelaparan karena sumber makanan diangkut Jepang untuk konsumsi tentaranya. Untuk pakaianpun rakyat menggunakan bahan yang tidak layak pakai seperti goni yang keras dan kasar. Hal in terjadi karena kapas yang seharusnya dijadikan kain atau pakaian ternyata dibawa ke Jepang untuk diolah demi kepentingan Jepang itu sendiri.
2. Bidang Sosial Budaya
Dibidang sosial, kehadiran Jepang selain membuat rakyat menderita kemiskinan karena kekurangan sumber daya alam, hal lain juga terjadi yang berupa pemanfaatan sumber daya manusia. Pengerahan tenaga manusia untuk melakukan kerja paksa (Romusha) serta dilibatkannya para pemuda untuk masuk dalam organisasi militer maupun semi militer.
Dibidang budaya terjadi keharusan menggunakan bahasa Jepang di samping bahasa Indonesia. Rakyat juga diharuskan membungkukan badan kearah timur sebagai tanda hormat kepada kaisar di Jepang pada setiap pagi hari (Seikerei). Hal ini tentu saja sangat menyinggung rakyat Indonesia yang mayoritas muslim, karena dianggap menyembah kepada kaisar Jepang yang dianggap sebagai keturunan dewa matahari, padahal orang muslim hanya melakukan penghormatan kepada Allah SWT.
rakyat Indonesia dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak Jepang. Mereka seolah bekerja untuk kepentingan Jepang padahal tujuannya untuk mencapai Indonesia merdeka.
Dalam usaha menarik simpati bangsa Indonesia dengan tujuan agar rakyat mau membantu Jepang dalam Perang Asia Timur Raya, Jepang mengumandangkan semboyan 3A yakni : “Jepang Cahaya Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Pemimpin Asia”. Hal ini menyatakan bahwa kehadiran Jepang di Asia, termasuk Indonesia adalah untuk membebaskan Asia dari penjajahan bangsa Barat, Jepang menyebut dirinya sebagai saudara tua bangsa Indonesia yang akan membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda.Namun kenyataannya yang dikatakan Jepang tidak sesuai dengan kenyataannya. Jepang memperlakukan bangsa Indonesia dengan tidak adil, sangat kejam , mereka memeras dan menindas rakyat diluar batas peri kemanusiaan.
2. Bidang Ekonomi
Untuk memenuhi kebutuhan perang Jepang dan industrinya , maka Jepang melakukan eksploitasi terhadap sumber kekayaan alam Indonesia. Hal ini berupa eksploitasi dibidang hasil pertanian, perkebunan, hutan, bahan Tambang, dan lain-lain.
Kekayaan alam yang diambil Jepang dari hasil menguras kekayaan alam Indonesia ini hanya untuk kepentingan perang Jepang tanpa memperhatikan kesejahteraan rakyat.Sebagai dampak dari eksploitasi besar-besaran sumber kekayaan alam Indonesia adalah kesengsaraan rakyat Indonesia berupa kekurangan sandang, pangan serta menderita kemiskinan.Rakyat hidup serba kekurangan , kelaparan karena sumber makanan diangkut Jepang untuk konsumsi tentaranya. Untuk pakaianpun rakyat menggunakan bahan yang tidak layak pakai seperti goni yang keras dan kasar. Hal in terjadi karena kapas yang seharusnya dijadikan kain atau pakaian ternyata dibawa ke Jepang untuk diolah demi kepentingan Jepang itu sendiri.
2. Bidang Sosial Budaya
Dibidang sosial, kehadiran Jepang selain membuat rakyat menderita kemiskinan karena kekurangan sumber daya alam, hal lain juga terjadi yang berupa pemanfaatan sumber daya manusia. Pengerahan tenaga manusia untuk melakukan kerja paksa (Romusha) serta dilibatkannya para pemuda untuk masuk dalam organisasi militer maupun semi militer.
Dibidang budaya terjadi keharusan menggunakan bahasa Jepang di samping bahasa Indonesia. Rakyat juga diharuskan membungkukan badan kearah timur sebagai tanda hormat kepada kaisar di Jepang pada setiap pagi hari (Seikerei). Hal ini tentu saja sangat menyinggung rakyat Indonesia yang mayoritas muslim, karena dianggap menyembah kepada kaisar Jepang yang dianggap sebagai keturunan dewa matahari, padahal orang muslim hanya melakukan penghormatan kepada Allah SWT.
rakyat Indonesia dengan cara menjalin kerjasama dengan pihak Jepang. Mereka seolah bekerja untuk kepentingan Jepang padahal tujuannya untuk mencapai Indonesia merdeka.
Perjuangan
Bangsa Indonesia Pada Masa Pendudukan Jepang
Guna merangsang kepercayaan rakyat
Indonesia, Jepang membentuk Gerakan Tiga A (Nippon Cahaya Asia, Pelindung Asia,
Pemimpin Asia). Jepang berjanji, jika Perang Pasifik dimenangkan, bangsa-bangsa
di Asia akan mendapat kemerdekaannya. Selain itu, Jepang berjanji akan
menciptakan kemakmuran bersama di antara bangsa-bangsa Asia. Namun, dalam
kenyataannya perlakuan Jepang yang kejam menimbulkan perlawanan tokoh-tokoh
nasionalis dan rakyat Indonesia terhadap Jepang. Bentuk perlawanan terhadap
Jepang ini dilakukan dengan cara kooperatif, gerakan bawah tanah, dan angkat
senjata.
1. Perjuangan Kooperatif (Kerjasama)
Sejumlah tokoh nasionalis Indonesia
banyak yang menggunakan kesempatan pendudukan Jepang untuk mencapai kemerdekaan
Indonesia. Banyak di antara mereka yang menduduki jabatanjabatan penting dalam
lembaga-lembaga yang dibentuk Jepang. Misalnya, Ir. Sukarno, Moh. Hatta, Ki
Hajar Dewantara, dan K.H. Mas Mansyur menduduki pimpinan Pusat Tenaga Rakyat
(Putera). Mereka dikenal dengan sebutan “Empat Serangkai”. Putera merupakan
sebuah organisasi yang dibentuk Jepang pada Maret 1943, bertujuan menggerakan
rakyat Indonesia untuk mendukung peperangan Jepang menghadapi Sekutu.
Melalui Putera, para pemimpin
Indonesia dapat berhubungan dengan rakyat secara langsung, baik melalui
rapat-rapat maupun media massa milik Jepang. Tokoh-tokoh Putera memanfaatkan
organisasi-organisasi itu untuk menggembleng mental dan membangkitkan semangat
nasionalisme serta menumbuhkan rasa percaya diri serta harga diri sebagai
bangsa.
Mereka selalu menekankan pentingnya
persatuan, pentingnya memupuk terusmenerus semangat cinta tanah air, dan harus
lebih memperhebat semangat antiimperialisme- kolonialisme. Organisasi Putera
mendapat sambutan yang hangat dari seluruh rakyat. Namun, karena Putera
nyatanya bermanfaat bagi bangsa Indoensia, pemerintah Jepang akhirnya
membubarkannya pada April 1944.
Selain melalui Putera, para pemimpin
pergerakan juga berjuang melalui Badan Pertimbangan Pusat atau Cou Sangi In yang
dibentuk Jepang pada 5 September 1943. Badan ini beranggotakan 43 orang dan
diketuai oleh Ir. Soekarno. Dalam sidangnya pada 20 Oktober 1943, Cuo Sangi
In menetapkan bahwa agar Jepang menang dalam perang, perlu dikerahkan
segala potensi dan produksi dari rakyat Indoensia.
Untuk melaksanakan ketetapan itu
dibentuklah berbagai kesatuan pemuda, sebagai wadah penggemblengan mental dan
semangat juang agar mereka menjadi tenaga-tenaga pejuang yang militan. Berbagai
kesatuan pemuda yang berhasil dibentuk antara lain: Seinendan (Barisan
Pemuda), Keibodan (Barisan Pembantu Polisi), Seisyintai (Barisan
Pelopor), Gakutotai (Barisan Pelajar), dan Fujinkai (Barisan
Wanita).
Pada saat penggemblengan mental
itulah Ir. Soekarno selalu menyisipkan penanaman jiwa dan semangat
nasionalisme, pentingnya persatuan dan kesatuan serta keberanian berjuang
dengan risiko apa pun untuk menuju Indonesia merdeka. Dengan demikian,
kebijakan pemerintah Jepang dimanfaatkan oleh tokoh-tokoh nasional untuk
perjuangan. Para pemimpin Indonesia memanfaatkan organisasi ini untuk memupuk
rasa persatuan dan kesatuan. Jelas sekali, para pemimpin Indonesia tidak bodoh
untuk dibohongi oleh Jepang.
2. Perjuangan Bawah Tanah
Perjuangan bawah tanah adalah
perjuangan yang dilakukan secara tertutup dan rahasia. Perjuang bawah tanah ini
dilakukan oleh para tokoh nasionalis yang bekerja pasa instansi-instansi
pemerintahan buatan Jepang. Jadi, di balik kepatuhannya terhadap Jepang,
tersembunyi kegiatan-kegiatan yang bertujuan menghimpun dan mempersatukan
rakyat untuk meneruskan perjuang untuk mecapai Indonesia merdeka.
Perjuangan bawah tanah ini tersebar
di berbagai tempat: Jakarta, Semarang, Bandung, Surabaya, serta Medan. Di
Jakarta terdapat beberapa kelompok yang melakukan perjuangan model ini. Antara
kelompok perjuangan yang satu dengan kelompok perjuangan yang lain, selalu
terjadi kontak hubungan.
Kelompokkelompok perjuang tersebut,
antara lain:
a. Kelompok Sukarni
Sukarni adalah tokoh pergerakan pada
zaman Hindia Belanda. Pada masa pendudukan Jepang, ia bekerja di Sendenbu (Barisan
Propaganda Jepang) bersama-sama dengan Muhammad Yamin. Sukarni menghimpun
tokoh-tokoh pergerakan yang lain, antara lain: Adam Malik, Kusnaeni,
Pandu Wiguna, dan Maruto Nitimiharjo. Gerakan yang dilakukan
kelompok Sukarni adalah menyebarluaskan cita-cita kemerdekaan, menghimpun
orangorang yang berjiwa revolusioner, dan mengungkapkan kebohongan-kebohongan
yang dilakukan oleh Jepang.
Sebagai pegawai Sendenbu,
Sukarni bebas mengunjungi asrama Peta (Pembela Tanah Air) yang tersebar di
seluruh Jawa. Karena itu, Sukarni mengetahui seberapa besar kekuatan
revolusioner yang anti-Jepang. Untuk menutupi gerakannya, kelompok Sukarni
mendirikan asrama politik, yang diberi nama “Angkatan Baru Indonesia”
yang didukung Sendenbu. Di dalam asrama ini terkumpul para tokoh
pergerakan antara lain: Ir. Sukarno, Mohammad Hatta, Ahmad
Subarjo, dan Sunarya yang bertugas mendidik para pemuda tantang
masalah politik dan pengetahuan umum.
b. Kelompok Ahmad Subarjo
Ahmad Subarjo pada masa pendudukan Jepang menjabat sebagai Kepala Biro
Riset Kaigun Bukanfu (Kantor Penghubung Angkatan Laut) di Jakarta. Ahmad
Subarjo berusaha menghimpun tokoh-tokoh bangsa Indonesia yang bekerja dalam
Angkatan Laut Jepang. Atas dorongan dari kelompok Ahmad Subarjo, Angkatan Laut
berhasil mendirikan asrama pemuda yang bernama “Asrama Indonesia Merdeka”.
Di asrama Indonesia Merdeka inilah para pemimpin bangsa Indonesia memberikan
pelajaran-pelajaran guna menanamkan semangat nasionalisme kepada para pemuda
Indonesia.
c. Kelompok Sutan Syahrir
Sutan Syahrir merupakan tokoh besar pergerakan nasional, yang pada zaman
Hindia Belanda tahun 1935 dibuang ke Boven Digul di Irian Jaya, kemudian
dipindahkan ke Banda Neira dan terakhir ke Sukabumi. Pada masa pendudukan
Jepang, Syahrir berjuang diam-diam dengan cara menghimpun teman-teman
sekolahnya dulu dan rekan-rekan seorganisasi pada zaman Hindia Belanda.
Terbentuklah satu kelompok rahasia, Kelompok Syahrir.
Dalam perjuangannya, Syahrir juga
menjalin hubungan dengan pemimpin-pemimpin bangsa yang terpaksa bekerja sama
dengan Jepang. Di samping itu, hubungan kelompok Syahrir dengan kelompok
perjuangan yang lain berjalan cukup baik. Karena gerak langkah Syahrir
dicurigai Jepang, untuk menghilangkan kecurigaan pihak Jepang Syahrir bersedia
memberi pelajaran di Asrama Indonesia Merdeka milik Angkatan Laut Jepang (Kaigun),
bersama dengan Ir. Sukarno, Mohammad Hatta, Ahmad Subarjo, dan Iwa
Kusumasumantri.
d. Kelompok Pemuda
Kelompok Pemuda pada masa Jepang
mendapat perhatian khusus dari pemerintah Jepang. Jepang berusaha memengaruhi
para pemuda Indoensia dengan propaganda yang menarik. Dengan demikian, nantinya
para pemuda Indonesia merupakan alat yang ampuh guna menjalankan kepentingan
Jepang. Jepang menanamkan pengaruhnya pada para pemuda Indonesia melalui
kursus-kursus dan lembaga-lembaga yang sudah ada sejak zaman Hindia Belanda.
Jepang mendukung berdirinya
kursus-kursus yang diadakan dalam asrama-asrama, misalnya di Asrama Angkatan
Baru Indonesia yang terdapat Sendenbu dan Asrama Indonesia Merdeka yang
didirikan Angkatan Laut Jepang. Namun, pemuda Indonesia baik pelajar maupun
mahasiswa tidak gampang termakan oleh propaganda Jepang. Mereka menyadari bahwa
imperialisme yang dilakukan oleh Jepang pada hakikatnya sama dengan
imperialisme bangsa Barat.
Pada masa itu, di Jakarta terdapat 2
kelompok pemuda yang aktif berjuang, yakni yang terhimpun dalam asrama Ika
Daikagu (Sekolah Tinggi Kedokteran) dan kelompok pemuda yang terhimpun
dalam Badan Permusyawaratan/Perwakilan Pelajar Indonesia (Baperpri). Kelompok
terpelajar tersebut mempunyai ikatan organisasi yang bernama Persatuan
Mahasiswa.
Organisasi ini merupakan wadah untuk
menyusun aksi-aksi terhadap penguasa Jepang dan menyusun pertemuan-pertemuan
dengan para pemimpin bangsa. Dalam perjuangannya, kelompok pemuda juga selalu
berhubungan dengan kelompok-kelompok yang lain, yaitu kelompok Sukarni,
kelompok Ahmad Subarjo, dan Kelompok Syahrir. Tokoh-tokoh Kelompok Pemuda yang
terkenal antara lain: Chaerul Saleh, Darwis. Johar Nur, Eri
Sadewo, E.A. Ratulangi, dan Syarif Thayeb.
3. Perlawanan Angkat Senjata
Perlakuan Jepang yang tak
berperikemanusian menimbulkan reaksi dan perlawanan dari rakyat Indonesia di
berbagai wilayah. Kebencian ini bertambah ketika di beberapa tempat, Jepang
menghina aspek-aspek keagamaan. Berikut ini beberapa perlawanan rakyat pada
masa penjajahan Jepang.
a. Perlawanan di Cot Plieng, Aceh
Perlawanan di Aceh ini dipimpin oleh
Tengku Abdul Djalil, seorang ulama pemuda. Pada 10 November 1942,
tentara Jepang menyerang Cot Plieng pada saat rakyat sedang melaksanakan shalat
subuh. Penyerangan pagi buta ini akhirnya dapat digagalkan oleh rakyat dengan
menggunakan senjata kelewang, pedang, dan rencong.
Begitupun dengan dengan serangan
kedua, tentara Jepang berhasil dipukul mundur. Namun pada serangan yang ketiga,
pasukan Teungku Abdul Jalil dapat dikalahkan Jepang. Peperangan ini telah
merenggut 90 tentara Jepang dan sekitar 3.000 masyarakat Cot Plieng.
b. Perlawanan di Tasikmalaya, Jawa
Barat
Perlawanan di Singaparna,
Tasikmalaya, ini dipimpin oleh Kyai Haji Zaenal Mustofa. Perlawanan ini
terkait dengan tidak bersedianya K.H. Zaenal Mustofa untuk melakukan Seikeirei,
memberikan penghormatan kepada Kaisar Jepang. Dalam pandangan Zaenal
Mustofa, membungkuk seperti itu sama saja dengan memberikan penghormatan lebih
kepada matahari, sementara dalam hukum Islam hal tersebut terkarang karena
dianggap menyekutukan Tuhan.
Pemerintahan Jepang kemudian
mengutus seseorang untuk menangkapnya. Namun utusan tersebut tidak berhasil
karena dihadang rakyat. Dalam keadaan luka, perwakilan Jepang tersebut
memberitahukan peristiwa tersebut kepada pimpinannya di Tasiklamalaya. Karena
tersinggung, Jepang pada 25 Februari 1944 menyerang Singaparna pada siang hari
setelah shalat Jumat. Dalam pertempuran tersebut Zaenal Mustofa berhasil
ditangkap dan kemudian diasingkan ke Jakarta hingga wafatnya. Jenazahnya
dikuburkan di daerah Ancol, dan kemudian dipindahkan ke Tasikmalaya.
c. Perlawanan Sejumlah Perwira
Pembela Tanah Air di Blitar, Buana dan Paudrah (Aceh), dan Cilacap
Perlawanan sejumlah perwira Pembela
Tanah Air (Peta) di Blitar terjadi pada 14 Februari 1945 yang dipimpin oleh Syudanco
Supriyadi. Ia adalah seorang syodanco (komandan peleton) Peta.
Perlawanan Supriyadi ini disebabkan karena tidak tahan lagi melihat
kesengsaraan rakyat yang mati karena romusha. Namun perlawanan tersebut
dapat diredam oleh Jepang.
Perlawanan ini tampaknya tidak
direncanakan dengan matang sehingga mudah untuk digagalkan. Akhirnya para
anggota Peta yang terrlibat perlawanan diadili di Mahkamah Militer Jepang.
Orang yang berhasil membunuh Jepang langsung dijatuhi hukuman mati, antara
lain: dr. Ismangil, Muradi, Suparyono, Halir
Mangkudidjaya, Sunanto, dan Sudarmo.
Dalam persidangan tersebut,
Supriyadi sendiri sebagai pemimpin perlawanan tidak diikutsertakan. Beberapa
pihak mengatakan bahwa Supriyadi sesungguhnya sudah ditangkap dan dibunuh
secara diam-diam, ada pula pihak yang percaya bahwa Supriyadi mokswa alias
menghilangkan diri tanpa jejak Selain di Blitar, perlawanan pemuda Peta juga
meletus di dua daerah di Aceh, yaitu Buana dan Paudrah.
Pemimpinnya adalah Guguyun Teuku
Hamid; ia bersama 20 peleton pasukan melarikan diri dari asrama pada
November 1944 untuk merencanakan pemberontakan. Namun Jepang berhasil mengancam
keluarga Teuku Hamid sehingga Teuku Hamid kembali lagi. Tampaknya rencana
perlawanan Teuku Hamid menambah simpati dan semangat masyarakat sehingga
kemudian muncul kembali perlawanan.
Lahirlah perlawanan Padrah di daerah
Bireun, Aceh Utara, yang dipimpin oleh seorang kepala kampung yang dibantu oleh
regu Guguyun. Perlawanan tersebut menelan banyak korban dari pihak Aceh
karena semua yang tertawan akhirnya dibunuh oleh Jepang.
Di Gumilir, Cilacap perlawanan
dipimpin oleh seorang komandan regu bernama Khusaeri. Serangan pertama
tentara Jepang terdesak, namun setelah bala bantuan datang Khusaeri mampu
dikalahkan. Di Pangalengan, Jawa Barat, pun meletus perlawanan dari para
personil Peta yang juga dapat dilumpuhkan.
thank ya
BalasHapusijin copas dong
BalasHapusthx
BalasHapus